Tingkatkan Kebersihan Kota, Bontang Bakal Terima Penghargaan Adipura Kencana

KITAMUDAMEDIA,Bontang – Kota Bontang kembali meraih anugerah Adipura Kencana pada tahun 2023. Penghargaan kali kedua ini, merupakan  tingkat tertinggi dalam anugerah Adipura, yakni tahun 2013 dan 2023 serta satu kali meraih Adipura Kirana pada tahun 2016.

Diketahui, penghargaan anugerah Adipura terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu sertifikat Adipura, Adipura, dan Adipura Kencana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang Heru Triatmojo mengungkapkan rasa haru karena Bontang akan menerima penghargaan Adipura Kencana di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada Selasa (28/02) besok.

Dikatakan, penghargaan tersebut adalah tingkat tertinggi dalam anugerah Adipura. Sementara, Bontang mendapat nilai tertinggi dari kota lainnya yakni 80. 

“Saya dihubungi dengan Pusat, Bontang terpilih sebagai Adipura Kencana karena menduduki nilai 80 yang paling tertinggi dari kota lainnya ,”ungkap Heru saat di hubungi oleh redaksi kitamudamedia.com Senin (27/02/2023).

Dijelaskan, Heru bahwa yang telah menjadikan Bontang meraih penghargaan itu disebabkan penghargaan pada tingkat sebelumnya diraih secara berturut – turut. 

Klasifikasi kota, KLHK membagi kabupaten/Kota menjadi 5 klasifikasi berdasarkan capaian Jakstrada dan sistem operasional TPA. Kota Bontang masuk di kelas 2. 

“Penghargaan ini juga mengapa bisa didapatkan karena Kota Bontang pernah mendapatkan penghargaan secara berturut – turut di tahun sebelumnya,”jelasnya. 

Sebagai informasi, pada tahun 2008 – 2012 Kota Bontang meraih Adipura. Tahun 2013 Adipura Kencana. Tahun 2014- 2015 Adipura. Tahun 2016 Adipura Kirana. Tahun 2017 Absen. Lanjut, Tahun 2018 kembali raih Adipura. Tahun 2019 – 2021 ajang penghargaan bidang kebersihan ini ditiadakan, kembali diselenggarakan pada tahun 2022, saat itu Kota Bontang mendapatkan Adipura Kencana. 

Adapun Keunggulan Kota Bontang hingga bisa meraih Adipura Kencana diantaranya adalah pertama Kota Bontang mendapatkan nilai akhir capaian kinerja >= 75 , kedua Kota Bontang mengelola sampah sebesar 8% dari total timbulan sampah, ketiga sistem operasional TPA sudah control landfill dan menuju ke sanitary landfill, keempat Di TPA Kota Bontang sudah memanfaatkan gas methan menjadi sumber energi alternatif, kelima Kota Bontang memiliki peraturan Walikota tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai, keenam RTH di Kota Bontang mencapai 22%, ketujuh Kota Bontang memiliki tanam keanekaragaman hayati di beberapa lokasi, kedelapan Sudah memiliki jalur sepeda dan program car free day di hari Minggu, ke sembilan melakukan pemanfaatan solar Cell sebagai energi pada penerangan lampu jalan. 

Baca Juga  8 Kali Berturut-turut, Pemkot Bontang Raih Opini WTP pada LKPD 2021

Reporter: Amel

Editor: Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply