Tak Ada Rekrutmen Tahun Ini, Upacara HUT RI di Bontang Libatkan Purna Paskibra

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pandemi Covid-19 berdampak pada ditiadakannya rekrutmen Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di daerah, termasuk Bontang.

Padahal, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang telah membuka seleksi, namun di tengah perjalanan, seleksi yang sudah memasuki tahap medical check up bagi peserta terpilih disetop. Hal itu juga mengacu pada arahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui surat Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga PP.00.00/4.9.1/E-II.1/IV/2020 tertanggal 9 April 2020 tentang pengiriman Dokumen Calon Paskibraka Nasional 2020 harus mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Status Bencana non-alam COVID-19 sebagai bencana alam.

“Dari provinsi juga semua ditiadakan karena anggarannya digunakan untuk penanganan Covid-19, dari 10 kabupaten kota hanya Kukar saja yang tetap melakukan rekrutmen,” ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dispopar, Aya Arianto.

Meski tak ada rekrutmen Paskibra, namun pemerintah tetap menyiapkan pagelaran upacara pengibaran bendera HUT RI pada 17 Agustus 2020 mendatang, dengan melibatkan anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bontang.

“Kita ikut aturan dari provinsi, rencananya kita libatkan purna paskibraka tahun 2019, seragam dan atributnya masih bisa digunakan, karena memang anggaran untuk ini betul-betul tidak ada lagi,” ungkapnya.

Purna Paskibra dinilai sudah berpengalaman, sehingga tidak perlu dilatih lagi, dan jauh lebih siap jika upacara tetap dilaksanakan di lapangan.

“Pakai formasi 9 orang saja, 3 orang pengibar, dan 6 orang pengawal,” sebutnya.

Rencananya, ditambahkan Arianto pemerintah baru akan memantapkan skema pelaksanaan upacara HUT RI di kota taman. Termasuk mengatur jumlah orang yang akan mengikuti upacara sakral tersebut, mengingat saat ini masih pandemi.

“Rencananya di Lapangan Bessai Berinta, tapi nanti panitia HUT mau rapat dulu untuk pastinya,” pungkasnya.

Baca Juga  Pembangunan Turap Guntung Sepanjang 85 Meter Digelontorkan Dana Rp 1,5 Miliar

Reporter : Yulianti Basri
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply