Ketua KPU Gresik Positif Covid-19, Tahapan Pilkada Berlanjut

KITAMUDAMEDIA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Akhmad Roni dilaporkan terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19). “Iya Ketua KPU Gresik dinyatakan positif Covid-19, dan sudah langsung isolasi mandiri,” kata Komisioner Divisi SDM & Parmas KPU Gresik, Makmun, saat dikonfirmasi, Kamis (10/9).

Hal itu, kata dia, diketahui usai mendampingi pasangan bakal calon di Pilkada Gresik 2020 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, di Surabaya. Saat itu, Roni juga menjalani tes usap atau swab test. Hasil yang diterima KPU Gresik menunjukkan Roni terkonfirmasi positif Corona. “Saat mengawal bakal calon di RSUD dr Soetomo itu, kemudian ikut swab sekalian, ternyata dinyatakan positif,” ujar Makmun.

Kendati demikian, ia memastikan bahwa hal itu tak akan mengganggu tahapan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Gresik. Sebab, masih ada empat komisioner KPU lainnya yang bisa menjalankan tahapan sesuai tugas dan fungsi masing-masing. “Kita pastikan tidak mengganggu tahapan Pilkada selanjutnya,” kata dia. Saat ini, KPU Gresik akan melakukan rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada 2020, kemudian akan mengadakan sosialisasi dengan menggandeng sejumlah komponen masyarakat

Selain itu, kata dia, KPU Gresik juga sedang dalam proses melakukan verifikasi berkas pendaftaran bakal paslon sebelum rapat pleno penetapan peserta Pilkada Gresik pada 23 September 2020, kemudian dilanjutkan pengundian nomor pada tanggal 24 September 2020. Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Gresik Elvita Yuliati mengakui KPU telah melakukan setiap tahapan Pilkada dengan mengacu protokol kesehatan. Hal ini, mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 10/2020, yang merupakan perubahan atas PKPU No 6/2020 tentang Pemilihan Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Non-alam Covid-19. (CNN)

Baca Juga  Siapkan Layanan Prima Untuk Masyarakat, Dinkes Gelar Re Akreditasi Puskesmas Bontang Utara II

Editor : Redaksi

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply