Butuh Penyimpanan Khusus, Vaksinasi Dosis Ketiga Nakes Masih Wacana

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Wacana mengenai vaksinasi dosis ketiga untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) dengan menggunakan jenis vaksin Covid-19 berbeda yakni moderna (Vaksin asal Amerika), masih terkendala tempat penyimpanan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Bontang, Adi Permana mengungkapkan jika saat ini nakes yang ada di Kota Taman belum mendapatkan vaksin dosis ketiga sebab vaksin moderna butuh tempat khusus dengan penyimpanan suhu minus 70 derajat.

“Biaya operasional untuk penyimpanannya tinggi, untuk membeli dengan cepat belum bisa. Sinovac saja dengan suhu 2-8 derajat harganya mahal,” ungkapnya pada redaksi kitamudamedia.com, Jumat (16/7/2021).

Selain itu, Adi menjelaskan tidak menjadi masalah apabila dosis ketiga ini berbeda dengan dosis pertama dan kedua. Namun, pemberian vaksin Covid-19 dengan interval 4 minggu atau sebulan.

“Sama halnya dengan anak bayi, bulan ini dia vaksin apa, bulan depannya dia harus vaksin lagi,tidak masalah,” jelasnya.

Saat ini, Adi belum bisa menjamin nakes di Bontang akan menerima atau tidak vaksinasi dosis ketiga tersebut mengingat ketersediaan vaksin moderna terbatas.

“Tapi akan kami usahakan,” pungkasnya.

Sebagai Informasi, Moderna merupakan vaksin RNA yang memiliki efikasi tinggi. Dari seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia, Moderna memiliki efikasi paling tinggi.

Reporter : Lia Dewa
Editor : Kartika Anwar

Baca Juga  PAD dari 3 Pasar di Bontang Tak Penuhi Target, Pandemi Covid-19 jadi Alasan

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply