Pengurus APSI Kota Bontang Periode 2023-2028 Resmi Dilantik

KITAMUDAMEDIA, Bontang – Pengurus Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Bontang periode 2023-2028 resmi dilantik oleh Ketua APSI Provinsi Kaltim, Dr. Puji Syamsuri,M.Pd dengan menyerahkan bendera APSI sebagai simbol penyerahan amanah organisasi kepada Ketua APSI Kota Bontang Purwanto,M.Pd, Rabu (08/02/2023).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Bambang Suratno,M.Pd. menuturkan pengurus APSI terdiri dari 33 pengawas sekolah, 2 dari jenjang TK, 12 dari jenjang SD, 12 dari jenjang SMP,3 dari jenjang SLTA dan 4 dari Pengawas Madrasah Kementerian Agama.

” Pengurus APSI periode 2023-2028 ini adalah hasil Musyawarah Kota APSI yang berlangsung pada tanggal 24 Oktober 2022 di Aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang, ” jelasnya.

Dalam sambutannya Ketua APSI Kota Bontang, Purwanto, M.Pd. menyampaikan bahwa Peraturan Menteri PAN dan RB No. 21 Tahun 2010 pasal 5 menyatakan bahwa: “Tugas pokok Pengawas Sekolah adalah melaksanakan tugas pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. Hal ini dapat berjalan dengan baik bila terjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara pengawas, kepala sekolah dan guru”.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bontang, Hj. Najirah,S.E saat menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan pengawas sekolah memiliki peran sebagai pengawal utama dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Tantangan global dan revolusi industri 4.0 di era digital yang semakin kompleks menjadi tantangan bagi pengawas sekolah.

” APSI merupakan sarana untuk saling bersinergi dan berbagi kepengawasan, sehingga harapannya apsi sebagai ujung tombak untuk pencapaian mutu pembelajaran di tingkat satuan pendidikan dapat tercapai.apsi juga menjadi wadah para pengawas sekolah dan madrasah untuk saling berbagi informasi terbaru untuk kemajuan mutu pendidikan, ” paparnya.

Baca Juga  Curi Pakaian di Ramayana, Seorang Pria Diringkus Polisi

Ditambahkan Najirah pengawas sekolah memiliki tiga peran penting di era milenial saat ini, yakni pengawas sekolah sebagai seorang trainer, pengawas sekolah menjadi seorang coach, dan pengawas sekolah sebagai mentor.

Acara pelantikan yang dirangkai dengan seminar pendidikan tersebut dihadiri Pengurus APSI, Wakil Wali Kota Bontang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang ,Drs. Bambang Cipto Mulyono, M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama yang diwakili oleh Ali Mustofa,S.Ag.,M.Pd., Kabid Pendidikan Dasar, Kabid. Pembinaan dan Kebudayaan, Kabid. Paud dan PNF, Ketua PGRI, Ketua IGI, Kepala Sekolah dari jenjang TK sampai SLTA dan seluruh pengawas yang akan dilantik menjadi pengurus APSI Kota Bontang Serta Delegasi Mitra Pembangunan Kota Bontang.

Materi seminar disampaikan dengan gaya santai namun mampu memukau para tamu undangan dan para civitas akademika sekolah. Di pernyataan akhirnya Dr. Puji Syamsuri,M.Pd. menegaskan bahwa kunci keberhasilan pendidikan terletak pada dedikasi segenap hati pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru.

Kegiatan diawali dengan dua pertunjukan yang memikat yaitu solo vokal yang dilantunkan oleh Ivana Paembonan Siswa SMP N5 Bontang dan Tari Tradisional Khas Kalimantan yang dipersembahkan oleh siswa SDN 011 Bontang Selatan. Dua pertunjukan istimewa itu merupakan juara I lomba FLS2N Kota Bontang Tahun 2022. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars APSI serta doa.

Sebelum memasuki acara inti kedua, hadirin dihibur dengan duet gitar yang dipersembahkan oleh siswa SMP YPK yang juga juara I di ajang FLS2N Tingkat Kota Bontang dan juara 9 Tingkat nasional. Acara inti kedua adalah Seminar Pendidikan yang mengangkat tema” “Di Mana? Ke Mana Pendidikan Indonesia” dengan narasumber Ketua APSI Provinsi Kaltim, Dr. Puji Syamsuri,M.Pd.

Baca Juga  DWP Disnaker Bagi-Bagi Sembako Bagi Para Anggota

Kontributor : Kartini
Editor : Kartika Anwar

Ikuti Fans Page Kami

Leave a Reply